1. Geometri dan modelling adalah Metodologi pemodelan geometri yang dapat dikategorikan menurut jumlah infor seperti masi 3D yang tersedia dan jenis sensor yang digunakan. Baik sensor aktif dan pasif telah digunakan untuk menyediakan pengukuran geometri 3D. Tidak seperti teknik berbasis gambar, karena tingkat detail untuk model dapat sangat kompleks, kebutuhan komputasi proses rekonstruksi meningkat karena lebih besar dan lebih akurat set data yang dibutuhkan. Meskipun melalui pembatasan umum, contoh rekonstruksi di kompleks lingkungan dunia nyata telah dicapai dan kemajuan konstan dalam kedua sensor dan teknologi perangkat keras komputer cenderung memberikan alat untuk pemodelan geometri secara luas di masa mendatang.
2. Rendering adalah proses menghasilkan sebuah gambar dari sebuah model, dengan menggunakan program komputer. Model adalah deskripsi dari benda tiga dimensi dalam bahasa didefinisikan secara ketat atau struktur data. Itu akan berisi geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan bayangan informasi. Gambar adalah sebuah gambar digital atau raster grafik gambar. Mungkin istilah oleh analogi dengan “artis render” dari sebuah adegan. ’Rendering’ juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam video editing file untuk menghasilkan output video akhir.
3. Behaviour adalah seperti yang digunakan dalam ilmu komputer adalah membangun antropomorfik yang memberikan “kehidupan” untuk kegiatan yang dilakukan oleh komputer, aplikasi komputer, atau kode komputer sebagai respons terhadap rangsangan, seperti input pengguna. Juga, “perilaku” adalah sebuah blok pada script komputer yang dapat digunakan kembali, bila diterapkan pada suatu objek, terutama grafis, menyebabkannya untuk menanggapi input pengguna dalam pola-pola bermakna atau untuk beroperasi secara independen. Juga, behaviour adalah nilai yang berubah seiring waktu (salah satu konsep kunci dalam reaktif pemrograman fungsional). Istilah ini juga dapat diterapkan pada tingkat tertentu untuk fungsi-fungsi dalam matematika, mengacu pada anatomi kurva.
4. Interaction adalah semacam tindakan yang terjadi sebagai dua atau lebih objek yang memiliki efek terhadap satu sama lain. Gagasan tentang efek dua arah sangat penting dalam konsep iinteraction, sebagai lawan dari satu arah pada efek sebab-akibat. Sebuah istilah yang terkait erat dalam kesalingterkaitan, yang berkaitan dengan interaksi dalam sistem: kombinasi dari banyak interaksi sederhana dapat mengakibatkan kemunculan fenomena.
Procedural shading is now in hardware:
1. Cg (nVidia) : Cg or C for Graphics is a high-level shading language developed by Nvidia in close collaboration with Microsoft for programming vertex and pixel shaders. It is very similar to Microsoft's HLSL.
2. GLSL (OpenGL) : Also known as GLslang, is high level shading language based on the C programming language. It was created by the OpenGL ARB to give developers more direct control of the graphics pipeline without having to use assembly language or hardware-specific languages. Current specification for GLSL is version 1.50.
3. HLSL (Microsoft) : The High Level Shading Language is a proprietary shading language developed by Microsoft for use with the Microsoft Direct3D API. It is analogous to the GLSL shading language used with the OpenGL standard. It is very similar to the NVIDIA Cg shading language, as it was developed alongside it. HLSL programs come in three forms, vertex shaders, geometry shaders, and pixel (or fragment) shaders. A vertex shader is executed for each vertex that is submitted by the application, and is primarily responsible for transforming the vertex from object space to view space, generating texture coordinates, and calculating lighting coefficients such as the vertex's tangent, binormal and normal vectors. When a group of vertices (normally 3, to form a triangle) come through the vertex shader, their output position is interpolated to form pixels within its area; this process is known as rasterisation. Each of these pixels comes through the pixel shader, whereby the resultant screen colour is calculated.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar